Jangan cepat percaya!

Rabu, 11 Juni 2008

ISU RAZIA LAPTOP DI BANDARA

Berita tanpa sumber beredar bak jamur di musim hujan. dan alih-alih menemukan sumber berita, kita malah langsung percaya saja. Sekarang berita tanpa sumber itu muncul lagi pasca redamnya isu telepon merah alias telpon santet yang menghebohkan.

Sekarang, isu terbaru yakni pemeriksan laptop di bandara sukarno hatta. dan dengan mudah orang langsung percaya. Dan satu hal ada pola yang sama dengan sms merah yaitu MENIMBULKAN KETAKUTAN BAGI MASYARAKAT. dalam isu tersebut dikatakan bahwa pihak bandara, kepolisian dan HAKI mengadakan razia laptop tanpa software legal (software bajakan). Apa tak kalang kabut bagi setiap pemilik laptop. bisa-bisa yang lewat bandara sukarno hatta tak berani lagi bawa laptop.

Malah 'paitua' pun yang selalu bawa laptop kemana-mana akhirnya gak membawa AXIOO nya sewaktu mudik. Saya pun segera browsing ke situs-situs terkait berita tersebut. Masa iya ada razia di bandara dan bagi yang tertangkap memakai software bajakan di komputernya langsung di denda ditempat Rp. 8.500.000! Saya gak langsung percaya tuh. (Maklum udah ketipu sms merah. hehehe... bisa-bisanya sarjana ketipu sms berita bohongan. Namanya juga manuasia.)Usut punya usut ternyata razia laptop itu gak benar. Padahal udah banyak yang ketakutan.

Pelajaran Berharga

Jadi, jangan cepat percaya sama berita-berita yang tak jelas sumbernya. check and re-check. Potongan berita hasil tulisan si penyebar isu seakan-akan berita dari koran kompas benaran padahal boongan.
Banyak referensi di internet yang layak di percaya. Baca kompas online, Batam tribun online juga ada konfirmasi masalah ini ke pihak terkait. Jangan sampai berita yang tidak jelas memperkeruh suasana pasca naiknya harga BBM.Ingat CEK and RE-CHECK!

0 komentar:

Bacaanku

  • Cerdas menjadi Orangtua Bijak
  • Guru Goblok Ketemu Murid Goblok (seri investasi)
  • Positive Parenting
  • Rahasia membentuk Anak Sholeh, cerdas, pintar dan kaya
  • Tak Tik Blog
 
Man Jadda wa Jad - by BTemplates | Design by dHaNie